07 Mar Teknik Manual Brewing Dengan Hario Pour Over Kit

Semakin maraknya coffee shop di Jakarta membuat sebagian orang yang datang ke sana penasaran bagaimana cara menyeduh kopinya. Banyak dari tempat minum kopi yang memperlihat secara langsung proses pembuatan kopinya. Biasa yang diperlihatkan oleh barista saat membuat kopi adalah dengan teknik manual brewing.

Tujuan dari teknik manual brewing ini untuk mendapatkan cita rasa kopi yang sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut salah satu tentang teknik manual brewing atau seni menyeduh kopi biasa dilakukan oleh seorang barista.

Pour Over

Metode pour over merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. Dalam tekhnik penyeduhan kopi yang dilakukan secara manual, Pour Over adalah metode penyeduhan kopi yang menurut kami paling cepat, praktis dan efisien.

Berikut langkah dalam menyeduh kopi dengan Hario pour over kit:

  1. Siapkan kertas filter yang akan digunakan, dan sesuaikan ukuran kertas filter dengan V60 yang akan digunakan untuk penyaringan kopi.
  2. Didihkan air hingga mencapai suhu 92 – 95 0 Siapkan biji kopi yang akan diseduh, sembari menunggu air mendidih, giling biji kopi. Ukuran bubuk kopi yang ideal untuk metode ini adalah medium, ukuran bubuk kopi yang serupa dengan ukuran garam dapur halus. Untuk  rasio kopi dan air, bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Untuk itu banyaklah-banyaklah bereksperimen guna mengetahui rasio yang pas dengan lidah anda.
  3. Tempatkan kertas filter ke Hario pour over kit sesuai dengan ukurannya. Kemudian basahi kertas filter dengan sedikit air panas. Usahakan air panas mengenai semua bagian kertas filter. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas filter yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas.
  4. Masukan bubuk kopi yang telah digiling kedalam pour over kemudian buat lubang kecil pada bagian tengah.
  5. Kemudian tuangkan setengah air yang telah anda didihkan tadi secara perlahan , Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan, Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar. Trik yang disebut Stepping Time ini bertujuan untuk memberikan waktu pada kopi untuk mengeluarkan aroma dan rasa terbaiknya. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit.
  6. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu proses driping selesai. Setelah itu, anda dapat langsung secangkir kopi nikmat yang aromatik dan menggugah selera.

 

www.hario.co.id