19 Mar Teknik Manual Brewing Dengan Hario Syphon TCA Series

Setelah kemarin kami membahas teknik manual brewing dengan metode pour over, sekarang kami mencoba mengulik teknik manual brewing lainnya, yaitu dengan metode syphon. Dengan teknik menggunakan syphon memang agak lebih rumit dibanding dengan menggunakan V60. Dengan teknik ini memang akan menghasilkan kopi yang lebih nikmat dengan keasaman yang rendah.

Manual brewing dengan teknik syphon memang membutuhkan keahlian untuk menggunakan alatnya. Namun dengan langkah-langkah dibawah ini, Anda bisa melakukan penyaringan kopi menggunakan syphon dengan benar.

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah siapkan Hario syphon TCA series dan air, lalu masukkan air ke wadah yang terdapat dibagian bawah alat tersebut. Air yang digunakan bisa dingin, karena kita akan menggunakan burner untuk melakukan pemanasan pada air. Jika menggunakan air pnas akan mempercepat prosesnya.
  2. Memasang filter pada wadah bagian atas atau wadah bubuk kopi.
  3. Setelah filter terpasang, kaitkan kebagaian bawah funnel agar filter tidak lepas atau bergeser saat proses brewing.
  4. Pasang wadah bagian atas atau wadah bubuk kopi ke bagian server atau wadah air yang bagian bawah. Setelah terpasang, proses brewing siap dilaksanakan.
  5. Masukan bubuk kopi yang telah dihaluskan dengan tingkat kehalusan medium kedalam wadah penampung bubuk kopi bagian atas yang telah terpasang filter.
  6. Selanjutkan nyalakan api pada alat pemanas yang menggunakan bahan bakar spritus, dan letakkan dibawah wadah air. Atur besar kecilnya api hingga menyentuh dasar dari wadah air, dan tunggu hingga air mengeluarkan buih dan terjadi tekanan pada air dan air akan naik ke atas.
  7. Setelah air naik dan mulai membahasahi bubuk kopi, aduk perlahan hingga air dan bubuk kopi tercampur secara merata, diamkan selama 45 – 60 detik.
  8. Selanjutnya, matikan api dengan cara menutupnya dengan tutup tungku api hingga benar-benar mati.
  9. Setelah api mati, kopi perlahan-lahan akan turun dan tertampung pada server atau wadah air.
  10. Setelah kopi tertampung seluruhnya pada server, lepas wadah bagian atas. Hasil penyaringan kopi menggunakan Hario syphon series siap untuk dinikmati.

 

www.hario.co.id